Bimbel Al-Quran: Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum

Oh ya…. Apa yang terlintas dalam pikiran Anda begitu mendengar atau membaca atau mendengar kalimat MENGHAFAL AL-QURAN? Bermacam-macam perasaannya…. pasti.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Pelatihan Master di Plaza Telkom Malang

Ya… survey membuktikan, apabila kalimat menghafal al-Quran ditanyakan, yang muncul adalah jawaban seperti kata-kata: menghafal al-Quran itu sulit, berat, mudah lupa, sulit nempel, banyak sekali ayatnya, apa mungkin di usia seperti saya…, mungkinkah orang sibuk seperti saya bisa menghafal al-Quran dan kata atau kalimat lainnya. Jadi sebagian besar jawabannya adalah negatif.

Dalam ilmu psikologi disebutkan bahwa apabila kita berpikiran dan berprasangka negatif, hasilnya biasanya akan negatif. Misalnya saat bangun pagi, kemudian kita katakana bahwa hari ini rasanya koq malas sekali, maka bisa dipastikan sepanjang hari ini akan diisi dengan kemalasan dan tidak bersemangat. Tetapi apabila pagi hari di saat bangun, kita mengucapkan rasa syukur dan merasa semangat apalagi ditambah dengan perasaan bahwa hari ini adalah hari terakhir kita, kita akan mengisi dengan berbagai kegiatan positif. Orang Inggris bilang: If youn think you can you can. But if you think you can’t you can’t.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Pelatihan Master di Kota Pasuruan

Begitu juga dalam menghafal al-Quran, seharusnya yang muncul dalam benak kita adalah kata-kata atau kalimat positif. Bahwa menghafal al-Quran itu MUDAH, MENYENANGKAN dan KEREN. Pada saat kita meyakini kata-kata ini, maka diri kita, lingkungan kita dan Tuhan kita Allah SWT akan benar-benar mengamini serta benar-benar akan memudahkan apa yang kita pikirkan dan menjadikan nyata. Rasulullah bersabda: Ana ‘inda dhanny ‘abdibii: Aku (Allah) tergantung persangkaan hambaku.

Training Master bersama Walimurid TK Ar-Ridlo dan Jamaah di Masjid Ar-Ridlo Malang

Hal lain yang membuat kita seharusnya benar-benar yakin bahwa menghafal al-Quran itu mudah dihafal adalah firman Allah dalam surat Al-Qomar. Ayat dalam surat dalam al-Quran urutan ke 54 ini diulang bahkan sampai 4x yaitu ayat 17, 22, 32 dan 40. Allah berfirman: walaqad yassarnal qurana lidzzikri, fahal min muddakir: Dan sungguh telah aku mudahkan Al-Quran untuk dijadikan pelajaran. Maka siapa yang akan mempelajarinya. Para ulama mengatakan bahwa yang dimaksud dengan mudah dijadikan pelajaran adalah mudah dibaca, dihafal dan dipelajari baik oleh orang Arab maupun non-Arab. Buktinya, sejak Al-Quran diturunkan pertama kali sampai sekarang, telah jutaan orang yang belajar membaca Al-Quran, belajar terjemah, tafsir, tadabbur, qiraah dan lain-lain.

Sebenarnya banyak sekali contoh di sekitar kita yang menunjukkan bahwa menghafal Al-Quran itu mudah dan seharusnya menjadi penyemangat bagi kita untuk mengikutinya. Lihat saja banyak anak kecil yang bisa membaca dan menghafal Al-Quran. Kalau anak kecil saja bisa, yang pernah kecil seharusnya bisa. Ada orang tua yang bisa membaca lancar dan menghafalkannya. Seharusnya yang belum tua lebih bisa hafal Quran dibandingkan orang-orang tua. Ada orang cacat yang bisa menghafal Al-Quran. Kita yang sehat wal afiat seharusnya lebih bisa menghafal Al-Quran. Ada orang buta yang bisa menghafal Al-Quran. Maka yang tidak buta matanya seharusnya lebih bisa dibandingkan yang buta. Karena bila tidak, berarti yang buta adalah hati (kalbu) kita. Nauudzubillahi mindzaalik.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training di Ultah Hasanah di BNI Syariah Malang

Benar memang firman Allah: Dialah yang menciptakan dan menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati. Tetapi sedikit sekali yang bersyukur. Ya… sedikit manusia yang bersyukur dengan memberikan ketaatan kepada Allah, memberikan yang terbaik untuk yang Maha Pencipta. Ya, Allah. Jadikanlah kami termasuk golongan yang sedikit ini. Begitulah salah satu doa Umar bin Khattab ra. Fabiayyi aalaaa irabbikuma tukadzzibaan?

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Pelatihan Master di Yayasan Yadika, Bangil

Apakah metode MASTer itu? MASTer atau Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum adalah salah satu metode menghafal Al-Quran yang ada sejak 2011 lalu. Metode ini dibuat dalam rangka memudahkan bagi pembelajar menghafal Al-Quran agar dalam menghafal tidak merasa sulit, berat dan membosankan. Dengan metode MASTer ini terbukti menghafal Al-Quran menjadi ringan, mudah, menyenangkan dan bahkan bisa membuat ketagihan. Mengapa? Berikut ini jawabannya…

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Usai Training di Masjid Jami’ Singaraja, Bali

Menghafal Al-Quran metode lama biasanya menuntut penghafalnya untuk duduk diam di tempat tertentu (masjid, kamar, ruangan) dalam keadaan sepi tanpa boleh ada gangguan atau gangguan harus diminimalkan. Menghafal Al-Quran metode lama juga biasanya tanpa mengetahui artinya. Dalam metode MASTer, menghafal bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dan dilakukan dalam keadaan fun atau menyenangkan. Sambil membayangkan artinya dan dibantu dengan gerakan tangan untuk lebih mudah mengingat ayat maupun artinya. Metode menghafal Al-Quran ini terbukti efektif dan berhasil. Bisa dilakukan untuk usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training di Masjid Al-Firdaus Wagir Dau Malang

Beberapa paket bimbel atau BIMBEL AL-QURAN (bimbingan belajar al-Quran) di KQS (Kauny Quranic School) Ar-Rahman Malang adalah sebagai berikut:

1. Training 1 jam: hafal 10 nama surat dan 4 ayat.
2. Training 2 jam: hafal 20 nama surat dan 5-10 ayat.
3. Training 4 jam: hafal 30 nama surat dan 10-15 ayat.
4. Training 6 jam: hafal 40 nama surat dan 15-20 ayat.

Setiap pertemuan (1 kali tatap muka) berlangsung antara 1 sampai 1,5 jam. Sebelum berlatih menghafal (tahfidz), Anda akan berlatih dulu membaca Al-Quran yang benar menurut tajwid dan makhrajnya atau yang disebut dengan tahsin. Porsi (pembagian waktu) antara tahsin dan tahfidz tergantung dari lancar dan tidaknya santri. Bila belum bisa membaca sama sekali, dilatih membaca al-Quran lebih banyak dari pada menghafalkannya. Bila setengah lancer, porsinya 50% tahsin : 50% tahfidz. Bila sudah lancar, porsi tahsinnya lebih sedikit dan tahfidznya lebih banyak. Selain itu akan diberi materi aqidah akhlaq dan tadabbur Al-Quran.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training Master di SDI Moh. Hatta Malang

Apa target dari bimbel KQS? Targetnya adalah membuat santri jatuh cinta terhadap Al-Quran, jatuh cinta menghafalkannya dan lancar membacanya.

Anda mungkin akan bertanya: berapa biaya bimbel atau training MASTer ini? Anda bebas menentukan biaya training di KQS Ar-Rahman. Bila Anda tidak mampu membayarnya, kami menggratiskannya. Bila Anda mampu, Anda juga dipersilahkan membayar sesuai penghargaan Anda terhadap ilmu ini. Sebagian hasil training, akan kami donasikan kepada Pondok Gratis kami yaitu Ma’had Askar Kauny (MAK) untuk yatim dan dhuafa yang sampai tahun 2017 terdapat 20 pondok di seluruh Indonesia dan 1 di Mesir. Lihat selengkapnya data KQS dan MAK kami di website pusat yaitu kauny.com.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training Master di Masjid Mujahidin Malang

Bagi Anda yang tidak sempat training menghafal Al-Quran secara langsung berupa privat di rumah tahfidz kami (KQS Ar-Rahman Malang), Anda bisa bergabung di komunitas HOTS atau Hafidz On The Street yang bisa diikuti secara online di seluruh dunia. Program ini berupa pengiriman materi hafalan (video) setiap hari 1 ayat dan dikirim melalui wa. Bila Anda tertarik dengan program menghafal terbesar di dunia, silakan mendaftar melalui wa di : 0878.7722.1200.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training di Ponpes Tahfidz Fasihqu Pasuruan

Oh ya, Anda akan saya beri tips bagaimana bisa menjadi pembelajar yang sukses dalam bidang apa saja khususnya dalam menghafal Al-Quran. Mari kita ikuti nasehat dari Ali bin Abi Thalib RA atau Imam Syafii RAH dalam nasehatnya bagi penuntut ilmu:

TIPS 1.
Seorang penuntut ilmu, harus memiliki 6 hal agar dia sukses dalam belajar. Ke6 hal itu adalah sebagai berikut:

1. C: Cerdas (Dzakaun)
2. S: Sabar, sungguh-sungguh (Istibarun/ijtihadun)
3. R: Rakus, semangat (Hirshun)
4. B: Bekal, biaya, waktu, tenaga, pikiran (Bulghdh)
5. P: Petunjuk / Bersahabat dengan Guru (Irsyadul ustadz)
6. W: Waktu yang Lama (Thulu Zaman)

TIPS 2.
Selain itu, Anda juga perlu mengetahui type pembelajar Anda agar belajar Anda lebih efektif. Berikut ini 3 jenis manusia pembelajar dan media apa yang harus dimilikinya:

1. Visual – watch it (lebih mudah belajar dengan melihat, membaca)
2. Auditory – hear it (lebih mudah belajar dengan mendengarkan)
3. Kinestetik – do it (lebih mudah dengan diberi contoh dulu)

TIPS 3.
Bagaimana petunjuk menghafal Al-Quran menurut Al-Quran? Ternyata dalam beberapa ayat Al-Quran, ada panduan bagi kita agar nikmat dan mudah menghafal Al-Quran:

Al-Qiyamah 16-17: Janganlah engkau gerakkan lidahmu (membaca Quran) karena hendak cepat2 menguasainya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya di dadamu dan membacakannya.

Muzammil 20: ……. Bacalah (hafalkan) Al-Quran itu dari yang mudah….. karena di antara kalian ada yang sakit, ada yang sibuk bekerja, ada yang sedang keluar (jihad fi sabililla)….. bacalah Al-Quran yang mudah-mudah.

Bagaimana pula para sahabat menghafal Al-Quran? Berikut ini beberapa pendapat para Sahabat:

Usman bin ‘Affan ra: Kami menghafal Al-Quran sekaligus mengamalkannya

Ibnu Masud ra: Di zaman kami, sulit menghafal al-Quran dan mudah mengamalkannya. Di zaman sesudah kami, mudah menghafalkannya tapi sulit mengamalkannya.

Umar bin Khattab ra: Menghafal Al-Quran surat Al-Baqarah dan Ali-Imron selama 12 tahun.

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training di Masjid Muhajirin Joyogrand Malang

Beberapa penyakit/kendala dalam menghafal Al-Quran

Rasa bosan, putus asa dan banyak menyeluh seharusnya dibuang jauh-jauh bila kita mau menjadi penghafal Al-Quran. Itu adalah hal-hal negative yang bisa merusak. Begitu juga maksiat yang kita lakukan bisa menjadi penghambat dalam menghafal Al-Quran.

TIPS 4.
Berikut ini tips lainnya agar kita tidak gagal menjadi penghafal Al-Quran. Bergabunglah dalam kelompok ISIS. Haah.. ISIS. Teroris? Tenang… ISIS ini jauh dari itu karena ia kepanjangan dari:
• I: Istiqomah, ijtihad : kurang sungguh-sungguh, niat, target => Kurang Iman.
• S: Syukur. Kurang bersyukur. Yang buta, cacat, tua, sakit, tidak aman bisa menghafal.
• I: Ikhlas. Kurang ikhlas, karena ingin pamer. Hatinya kurang bersih: hasad, suudhan.
• S: Sabar. Kurang sabar, mudah putus asa. Inginnya cepat/instan. Tidak menikmati proses.

TIPS 5.
Agar Memiliki Hafalan Kuat: MRS. ABI.
• Makan yang halal dan baik.
• Rajin Puasa. Puasa sunnah.
• Shalat Malam. Amalan andalan.
• Amal Shalih. Berbuat baik kepada orang tua, bersedekah.
• Banyak Praktek. Sering murajaah. Mengajarkan kepada yang lain.
• Iman dan Ikhlas. Iman pada Allah dan hari akhir. Banyak bersyukur dan bersabar.

TIPS 6.
Persiapan Menghafal: 8M
1. Mati yang indah: Khusnul Khotimah. Orang cerdas: ingat mati.
2. MENIKKAH dulu. NIKKAH: Niat Ikhlas dan Kuat Karena Allah.
3. Mulai dengan Dzikir dan Doa. QS Hud 3, 52. Ali Imron 160.
4. Mulai dari yang MUDAH. QS. Muzammil 73:20.
5. Mulai SEDIKIT DEMI SEDIKIT. QS. Al-Insan 76:23.
6. Mulai dari DIRI SENDIRI. QS. Al-Baqarah 44.
7. Mulai SEKARANG JUGA. QS. Al-Hadid 57:21.
8. Melakukannya setiap saat…. atau gunakan Camera DSLR.

TIPS 7.
Metode Menghafal ala MASTER: FIRMA
F: Fun Atmosphere, suasana belajar harus menyenangkan (ingat manfaatnya)
I: Imagine, bayangkan cerita ayatnya (bca). Bisa menghafal dari bawah ke atas.
R: Repeat reading, mengulang-ulang bacaan sambil membayangkan maknanya
M: Mind mapping, peta pikiran. Menggabungkan cerita ayat satu dengan lainnya.
A: Anchoring, membuat kaitan cerita dengan ayatnya agar mudah diingat.

Adakah bonus lainnya dari training ini? Jangan khawatir… kami memiliki bonus training sebagai berikut:
1. Neurobic
2. Otak Cerdas
3. Shalat Khusyu’
4. Problem Solving
5. Inner Beauty
5. Anti Pikun
6. Ruqyah

RAHASIA ya. Ini rahasia… walaupun rahasia ini sebetulnya banyak orang tahu tapi SAYANGNYA SEDIKIT yang tertarik. Inilah rahasia manfaat menghafal Al-Quran yang seharusnya kita senang dan berharap karenanya:

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Pelatihan di Purwoharjo Banyuwangi

Jatuh Cinta pada Al-Quran, Jatuh Cinta Menghafalnya.

Siapapun yang ketempelan Al-Quran, akan menjadi manusia terbaik dan mulia. Inilah manfaat yang didapat bagi pecinta, penghafal dan pengamal Al-Quran: KHM. BRO. PATTRIKSS.

K: Keluarga Allah. Yang senang membaca, mendengar, memahami, menghafal dan mengamalkannya.
H: Hidayah. Selalu ada solusi. Hidupnya selalu terarah dan mendapat panduan. Selalu sukses.
M: Manusia Terbaik. Yaitu yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.

B: Bersama Malaikat di surga tertinggi sesuai dengan ayat / hafalan yang dibacanya.
R: Rahmat. Kasih sayang dan berbagai kebaikan di dunia dan akhirat.
O: Otaknya cerdas, badannya sehat. Prof Imam S. Dr Masaru Emoto.

P: Pahalanya banyak. Pahalanya dilipatkan 10x. Percaya dirinya lebih tinggi.
A: Aman dari gangguan Jin (3 Qul), siksa Kubur (Al-Mulk), fitnah Dajjal (Al-Kahfi) .
T: Taqarrub, dekat sama Allah karena hatinya selalu connect (dzikir terbaik: baca Quran).
T: Tertib jadwal hariannya karena pandai membagi waktu dengan prioritas kegiatan positif.
R: Rizki yang banyak dan tidak disangka-sangka. Incaran banyak orang baik.
I: Ilmu yang banyak dan bermanfaat. Berhak menjadi Imam shalat.
K: Kebahagiaan dan kemuliaan. Pekerjaan yang mulia. Dapat mahkota dan jubah.
S: Syifa, penawar penyakit hati: takut dan sedih atau gegana: gelisah galau merana, stress.
S: Syafaat. Penolong bagi sahabat setianya, yang senang membaca, mendengar, mengamalkannya

Tahukan Anda nasehat/puji-pujian dari Wali Songo 12 abad yang lalu? Ya..benar: Moco Quran Angen-angen Sakmaknane. Bila kita benar-benar melakukannya, insyaallah Al-Quran menjadi obat / penawar bagi hati manusia yang sering gegana: gelisah, galau dan merana. Dan ini ternyata persis dengan yang disindir Allah SWT bagi kita pembaca Al-Quran tapi melupakan arti / makna atau kandungan ayat-ayat suci tersebut. Allah berfirman: Mengapa kalian membaca Al-Quran tanpa berusaha memahaminya? Atau hati kalian sudah mati/terkunci. (QS. Muhammad 24).

Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum
Training di MTSN 1 Jln Bandung Malang

Dengan mengikuti bimbel atau training menghafal Al-Quran di KQS, Anda akan sekaligus mendapat tadabbur atau penghayatan dari ayat-ayat yang Anda baca dan Anda hafalkan. Insyaallah.

Ingin informasi lebih lanjut tentang Kajian MASTer, Pondok Tahfidz di Malang dan mendaftar pelatihan Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum perorangan atau berkelompok, hubungi kami di: 082.333.160.800.

Semoga kehadiran website ini bermanfaat sebagaimana motto Askar Kauny: Menebar Ilmu, Berbagi Manfaat.